Perspektif Sosiokultural dalam
Pendidikan Indonesia
Dinita Choirunnisa (240211105958)
Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum
memulai proses pembelajaran?
Pada topik ini membahas tentang perspektif
sosiokultural dalam pendidikan Indonesia. Saya berfikir pada topik ini dapat
menggali pemahaman saya lebih jauh bagaimana peran perspektif sosiokultural
yang berpengaruh terhadap pendidikan Indonesia terutama mengubah cara pandang
saya dalam memahmi peserta didik ketika dilihat dari perspektif sosial, budaya,
ekonomi dan politik.
Apa yang Anda pelajari dari konsep yang Anda
pelajari dalam topik ini?
Pada
alur pembelajaran Eksplorasi konsep saya mempelajari tentang pengaruh status
sosial ekonomi (SES) dalam pendidikan. Selain SES pada alur ini juga
mempelajari Studi
Etnografi Tentang Perbedaan Kelas Sosial di Sekolah.
Apa
yang Anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan Anda dalam ruang
kolaborasi?
Pada
alur ini saya mengetahui bagaimana perspektif rekan-rekan kelompok
tentang pandangan mereka tentang
Perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam pembelajaran yang
mempengaruhi proses pendidikan dan kesiapannya mengajar dengan memperhatikan
Perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam pembelajaran pada peserta
didik.
Apa hal
penting yang Anda pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yang Anda jalani
bersama kelompok (bisa tentang materi, rekan, dan diri sendiri)?
Setelah
proses diskusi di alur ruang kolaborasi, pada alur demonstrasi kontektual ini
saya bekerja sama dengan rekan-rekan kelompok untuk mendemonstrasikan hasil
diskusi yang telah dilakukan. Pada tahap ini saya bersama rekan-rekan bekerja
sama untuk menyesuaikan dan menyatukan pendapat tentang persamaan dan
perbedaan pandangan
dan kesiapan mengajar dengan memperhatikan Perspektif sosial, budaya, ekonomi,
dan politik.
Sejauh ini, apa yang
sudah Anda pahami tentang topik ini?
Sejauh ini, hal yang
sudah saya pahami tentang topik ini adalah persepktif sosiokultural sangat
perlu dipelajari bagi seorang guru karena dengan pemahaman ini, seorang guru
dapat memahami latar belakang peserta didik sehingga dapat merancang
pembelajaran yang sesuai.
Apa hal baru yang Anda pahami atau yang
berubah dari pemahaman di awal sebelum pembelajaran dimulai ?
Hal baru yang saya
pahami adalah meskipun dapat mengetahui lingkungan dan perspektif sosial,
budaya, ekonomi, dan politik yang ada dapat dilakukan dengan
melakukan observasi untuk mengetahui latar belakang peserta didik. Setelah
mendapat informasi terkait kebutuhan dan keterbatasan yang ada dari hasil
observasi tersebut, selanjutnya sebagai guru dapat merancang pembelajaran yang
sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Tetapi dalam pelaksanaan dan prakteknya
masih cukup sulit karena membutuhkan banyak waktu untuk memahami peserta didik
sedangkan disisi lain sudah dituntut untuk bisa terjun memberi pembelajaran.
Apa yang ingin Anda pelajari lebih lanjut?
Hal yang ingin saya
pelajari lebih lanjut adalah bagaimana cara seorang guru dapat benar-benar
mengetahui kebutuhan dan keterbatan yang ada pada setiap peserta didiknya
karena sejatinya setiap dari mereka memiliki keunikan dan ciri khasnya
masing-masing?
Apa
yang Anda pelajari dari koneksi antar materi baik di dalam mata kuliah yang
sama maupun dengan mata kuliah lain?
Saya
mempelajari bahwa materi pada topik ini berkaitan dengan mata kuliah yang saya
pelajari. Dari mata kuliah tentang pemahaman peserta didik yang harus memahami
latar belakang sosial, budaya, ekonomi dan politik sehingga dapat merancang
pembelajaran yang sesuai. Dengan pembelajaran yang sesuai tersebut seorang guru
bisa memberikan asesmen yang tepat sesuai dengan karakteristik peserta didik.
Apa manfaat pembelajaran
ini untuk kesiapan Anda sebagai guru?
Pembelajaran ini sangat
bermanfaat bagi kesiapan saya sebagai guru karena dengan memahami perspektif
sosiokultural dalam pendidikan Indonesia, saya bisa mengetahui bagaimana
caranya merancang pembelajaran yang sesuai dengan peserta didik karena sudah
terlebih dahulu melakukan observasi untuk mengetahui latar belakang sosial,
budaya, ekonomi dan politik mereka.
Bagaimana Anda menilai
kesiapan Anda saat ini, dalam skala 1-10? Apa alasannya?
Saya menilai kesiapan
saya saat ini dalam skala 7 karena masih banyak hal yang perlu saya pelajari
untuk menjadi pendidik yang berpihak kepada peserta didik dan penerapan
teori-teori yang sudah saya pelajari.
Apa yang perlu Anda persiapkan lebih
lanjut untuk bisa menerapkannya dengan optimal?
Hal yang perlu saya siapkan
lebih lanjut adalah melakukan observasi awal untuk mengetahui faktor-faktor
sosial, budaya dan politik apa saja yang terjadi di sekitar peserta didik
sebagai persiapan awal. kesiapan ini juga salah satunya didapatkan dengan
mengikuti perkuliahan perspektif sosiokultural untuk memahami teori yang
dimiliki prespektif tersebut yang nantinya dapat diuji cobakan saat PPL
berlangsung. Hal ini diharapkan menjadi bekal dan meningkatkan kesiapan dalam
penerapannya di masa mendatang.
Komentar
Posting Komentar