Langsung ke konten utama

AKSI NYATA TOPIK 3 PERSPEKTIF SOSIOKULTURAL DALAM PENDIDIKAN DI INDONESIA

 

Perspektif Sosiokultural dalam Pendidikan Indonesia

Dinita Choirunnisa (240211105958)

Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran?

Pada topik ini membahas tentang perspektif sosiokultural dalam pendidikan Indonesia. Saya berfikir pada topik ini dapat menggali pemahaman saya lebih jauh bagaimana peran perspektif sosiokultural yang berpengaruh terhadap pendidikan Indonesia terutama mengubah cara pandang saya dalam memahmi peserta didik ketika dilihat dari perspektif sosial, budaya, ekonomi dan politik.

Apa yang Anda pelajari dari konsep yang Anda pelajari dalam topik ini?

Pada alur pembelajaran Eksplorasi konsep saya mempelajari tentang pengaruh status sosial ekonomi (SES) dalam pendidikan. Selain SES pada alur ini juga mempelajari Studi Etnografi Tentang Perbedaan Kelas Sosial di Sekolah.

Apa yang Anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi?

Pada alur ini saya mengetahui bagaimana perspektif rekan-rekan kelompok tentang pandangan mereka tentang Perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam pembelajaran yang mempengaruhi proses pendidikan dan kesiapannya mengajar dengan memperhatikan Perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam pembelajaran pada peserta didik.

Apa hal penting yang Anda pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yang Anda jalani bersama kelompok (bisa tentang materi, rekan, dan diri sendiri)?

Setelah proses diskusi di alur ruang kolaborasi, pada alur demonstrasi kontektual ini saya bekerja sama dengan rekan-rekan kelompok untuk mendemonstrasikan hasil diskusi yang telah dilakukan. Pada tahap ini saya bersama rekan-rekan bekerja sama untuk menyesuaikan dan menyatukan pendapat tentang persamaan dan perbedaan pandangan dan kesiapan mengajar dengan memperhatikan Perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik.

Sejauh ini, apa yang sudah Anda pahami tentang topik ini?

Sejauh ini, hal yang sudah saya pahami tentang topik ini adalah persepktif sosiokultural sangat perlu dipelajari bagi seorang guru karena dengan pemahaman ini, seorang guru dapat memahami latar belakang peserta didik sehingga dapat merancang pembelajaran yang sesuai.

Apa hal baru yang Anda pahami atau yang berubah dari pemahaman di awal sebelum pembelajaran dimulai ?

Hal baru yang saya pahami adalah meskipun dapat mengetahui lingkungan dan perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik yang ada  dapat dilakukan dengan melakukan observasi untuk mengetahui latar belakang peserta didik. Setelah mendapat informasi terkait kebutuhan dan keterbatasan yang ada dari hasil observasi tersebut, selanjutnya sebagai guru dapat merancang pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Tetapi dalam pelaksanaan dan prakteknya masih cukup sulit karena membutuhkan banyak waktu untuk memahami peserta didik sedangkan disisi lain sudah dituntut untuk bisa terjun memberi pembelajaran.

Apa yang ingin Anda pelajari lebih lanjut?

Hal yang ingin saya pelajari lebih lanjut adalah bagaimana cara seorang guru dapat benar-benar mengetahui kebutuhan dan keterbatan yang ada pada setiap peserta didiknya karena sejatinya setiap dari mereka memiliki keunikan dan ciri khasnya masing-masing?

Apa yang Anda pelajari dari koneksi antar materi baik di dalam mata kuliah yang sama maupun dengan mata kuliah lain?

Saya mempelajari bahwa materi pada topik ini berkaitan dengan mata kuliah yang saya pelajari. Dari mata kuliah tentang pemahaman peserta didik yang harus memahami latar belakang sosial, budaya, ekonomi dan politik sehingga dapat merancang pembelajaran yang sesuai. Dengan pembelajaran yang sesuai tersebut seorang guru bisa memberikan asesmen yang tepat sesuai dengan karakteristik peserta didik.

Apa manfaat pembelajaran ini untuk kesiapan Anda sebagai guru?

Pembelajaran ini sangat bermanfaat bagi kesiapan saya sebagai guru karena dengan memahami perspektif sosiokultural dalam pendidikan Indonesia, saya bisa mengetahui bagaimana caranya merancang pembelajaran yang sesuai dengan peserta didik karena sudah terlebih dahulu melakukan observasi untuk mengetahui latar belakang sosial, budaya, ekonomi dan politik mereka.

Bagaimana Anda menilai kesiapan Anda saat ini, dalam skala 1-10? Apa alasannya?

Saya menilai kesiapan saya saat ini dalam skala 7 karena masih banyak hal yang perlu saya pelajari untuk menjadi pendidik yang berpihak kepada peserta didik dan penerapan teori-teori yang sudah saya pelajari.

Apa yang perlu Anda persiapkan lebih lanjut untuk bisa menerapkannya dengan optimal?

Hal yang perlu saya siapkan lebih lanjut adalah melakukan observasi awal untuk mengetahui faktor-faktor sosial, budaya dan politik apa saja yang terjadi di sekitar peserta didik sebagai persiapan awal. kesiapan ini juga salah satunya didapatkan dengan mengikuti perkuliahan perspektif sosiokultural untuk memahami teori yang dimiliki prespektif tersebut yang nantinya dapat diuji cobakan saat PPL berlangsung. Hal ini diharapkan menjadi bekal dan meningkatkan kesiapan dalam penerapannya di masa mendatang.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

AKSI NYATA : PERSPEKTIF SOSIO KULTURAL DALAM PENDIDIKAN INDONEISA TOPIK 2

 Bagaimana Perspektif Sosio Kultural Membantu Saya menjadi Seorang Pendidik? oleh Dinita Choirunnisa Pada topik 2 ini perspektif sosio kultural membahas peranannya dalam pendidikan dan penerapan konsepnya. Saat membaca tujuan dari topik 2 ini, hal yang fikirkan adalah bagaimana konsep soiokultural ini dan penerapannya di sekolah karena memang bersamaan dengan kegiatan praktek pengenalan lingkungan sekolah. Konsep-konsep yang dipelajari sebelumnya terkait faktor sosial, budaya, ekonomi dan politik penting dalam pendidikan . F aktor-faktor t e rsebut berpengaruh terhadap norma-norma so s ial yang membentuk pendidikan dan pembelajaran, menentukan nilai-nilai dalam masyarakat yang digunakan dalam memahami kebutuhan, budaya dan latar belakang  peserta didik , ketersediaan fasilitas yang menunjang pendidikan dan pembelajaran, dan kebijakan pemerintah yang dapat mempengaruhi s i stem perencaan pendidikan di Indonesia. Setelah memulai diri, pada eksplorasi konsep membahas bagaimana pe...

Koneksi antar materi – Filosofi Pendidikan Nasional - Topik 1

Koneksi antar materi – Filosofi Pendidikan Nasional Saya mengikuti mata kuliah Filosofi Pendidikan Nasional agar memiliki pemahaman tentang dasar-dasar pendidikan Ki Hajar Dewantara yang sesuai dengan filosofi pendidikan nasional dan pancasila sehingga saya bisa mengimplementasikan pemahaman tersebut kepada peserta didik. Selain itu sebagai penguatan visi dalam diri saya sendiri tentang guru yang menjadi penuntun segala kodrat yang ada pada anak-anak seperti pemikiran Ki Hajar Dwantara. Beliau juga berpendapat sebagai guru bertugas sebagai penuntun sehingga mata kuliah ini sangat penting untuk memahami dan memaknai pancasila sebagai identitas dan entitas manusia dan juga sebagai pedoman dalam pendidikan nasional. Lalu apa yang sudah saya pelajari dalam mata kuliah ini? Banyak hal yang saya pelajari setelah mengikuti mata kuliah ini. Pemikiran-pemikiran tentang pendidikan Ki Hadjar Dewantara yang banyak membahas bagaimana seorang guru berperan dalam tumbuh dan kembangnya kodrat dan kuat...

AKSI NYATA TOPIK 4 : PEMBELAJARAN PADA ‘ZONE OF PROXIMAL DEVELOPMENT (ZPD)’

Pada alur  Mulai dari Diri  pada topik 4 ini saya disajikan dengan sebuah video yang menampilkan kondisi pendidikan di salah satu daerah di Padang Panjang Nusa Tenggara Timur. Video berjudul Lentera Indonesia – Kisah Pejuang Pnedidikan di Alor menyajikan kondisi pendidikan di pedalaman yang menjadi salah satu dampak dari kurang meratanya pembangunan di Indonesia. Ratusan anak putus sekolah setiap tahun, hanya ada 294 Sekolah Dasar di 17 Kecamatan Alor, anak-anak usia sekolah yang tidak tahu bahwa mereka memiliki negara bernama Indonesia dan 1.494 guru yang ada disana berpendidikan di bawah S1 merupakan informasi-informasi yang saya dapat setelah melihat video tersebut. Adanya program pemerintah yang mengirimkan 2 guru garis depan menjadi salah satu langkah positif yang dapat membantu pendidikan didaerah tersebut. Peran pemerintah sangat berarti dalam pembangunan dan pemerataan pendidikan didaerah-daerah pedalaman salah satunya di Alor.      Alur  Eksplorasi...