Langsung ke konten utama

AKSI NYATA TOPIK 6 : PERSPEKTIF SOSIOKULTURAL DALAM PENDIDIKAN DI INDONESIA

 

ISU-ISU PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DALAM PERSPEKTIF SOSIAL, BUDAYA, EKONOMI, DAN POLITIK

Oleh Dinita Choirunnisa



Mulai Dari Diri : Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran?

Sebelum mempelajari topik pembahasan ini, saya berfikir akan mempelajari lebih lanjut tentang scaffolding dan ZPD seperti pendekatan strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang diterapkan. Ternyata pada topik ini lebih mendalami tentang isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah dalam perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik. Selain itu juga mempelajari mengenai cara merancang pembelajaran yang cocok untuk peningkatan pemahaman peserta didik.

Eksplorasi Konsep : Apa yang Anda pelajari dari konsep yang Anda pelajari dalam topik ini?

Pada topik ini saya mempelajari bagaimana pentingnya seorang guru memperhatikan isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah dalam perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam pembelajaran. Pandangan setiap peserta didik yang berbeda-beda terjadi karena adanya latar belakang mereka yang berbeda. Hal ini menyebabkan pemahaman peserta didik terhadap suatu materi juga berbeda. Dalam hal inilah guru akan memberikan bantuan kepada peserta didik. Dalam proses pembelajaran bantuan tidak hanya berasal dari guru melainkan dapat juga dari teman sebaya. Pemberian scaffolding kepada peserta didik dilakukan secara bertahap sesuai dengan tingkat ZPD masing-masing peserta didik. Pemberian scaffolding ini dapat dilakukan melalui Pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang diterapkan yang diterapkan guru dalam proses pembelajaran. Dalam menentukan scaffolding ini guru terlebih dahulu mengetahui kemampuan awal peserta didik.

Memperhatikan isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah dalam perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik dilakukan guru untuk mengetahui perubahan-perubahan yang terjadi dan mempengaruhi proses pendidikan. Perubahan terjadi dapat berupa kebijakan pemerintah terhadap kurikulum Indonesia, kondisi ekonomi setiap peserta didik, dan lingkungan hidup peserta  didik. Hal-hal tersebut dapat mempengaruhi karakteristik peserta didik. Guru yang memperhatikan isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah dalam perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik dapat merancang pembelajaran yang sesuai dengan peserta didik.

Ruang Kolaborasi : Apa yang Anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi?

Pada alur ini saya berdiskusi bersama dengan anggota kelompok membahas tentang Apa pandangan masing-masing anggota kelompok tentang isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah dalam perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik yang mempengaruhi proses pendidikan serta pembelajaran dan pandangan masing-masing anggota kelompok tentang kesiapannya mengajar dengan memperhatikan isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah dalam perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik. Pandangan dan pendapat kami secara umum hampir sama yaitu Isu-isu ini sangat penting untuk diperhatikan dalam konteks pendidikan dan pembelajaran. Setiap faktor memiliki dampak yang berbeda-beda terhadap proses pendidikan dan pembelajaran di sekolah. Misalnya, faktor sosial dan budaya dapat mempengaruhi nilai dan norma yang diterapkan di dalam kelas, sedangkan faktor ekonomi dapat mempengaruhi akses siswa terhadap sumber daya dan fasilitas pendidikan. Oleh karena itu, sebagai pendidik, sangat penting untuk memperhatikan faktor-faktor ini dalam merancang program pembelajaran yang efektif dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat setempat. Dan kesiapan kami Sebagai calon pendidik profesional harus selalu siap untuk mengajar dengan memperhatikan isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah dalam perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik. Hal ini dikarenakan faktor-faktor ini sangat penting dalam mempengaruhi keberhasilan dalam pembelajaran. Oleh karena itu, sebagai calon pendidik, harus selalu berusaha mempelajari latar belakang sosial, budaya, dan ekonomi daerah tersebut, serta berusaha memahami bagaimana faktor-faktor tersebut dapat memengaruhi pendidikan dan pembelajaran di sekolah. Dengan demikian, dapat merancang program pembelajaran yang sesuai dan memberikan manfaat yang maksimal bagi para siswa dan masyarakat setempat.

Demonstrasi Kontekstual : Apa hal penting yang Anda pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yang Anda jalani bersama kelompok (bisa tentang materi, rekan, dan diri sendiri)?

Setelah melakukan kegiatan diskusi bersama anggota kelompok pada alur demonstrasi kontekstual, saya bersama kelompok mendemontsrasikannya. Kami juga menyimpulkan perbedaan dan persamaan antara pendapat setiap anggota kelompok. Dari kegiatan ini saya mengetahui bahwa dalam satu konsep materi, setiap kepala memiliki pandangan yang berbeda.

Elaborasi Pemahaman : Apa hal baru yang Anda pahami atau yang berubah dari pemahaman di awal sebelum pembelajaran dimulai ? Apa yang ingin Anda pelajari lebih lanjut? 

Pemahaman baru yang saya dapatkan mengenai topik bahasan ini yaitu sebagai seorang pendidik harus dapat memahami berbagai permasalahan dalam melaksanakan proses belajar mengajar baik dari segi sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam praktik pembelajaran di sekolah. Dalam teori Vygotsky juga menjelaskan bahwa sebagai pendidik kita tidak hanya memberi pemahaman kepada peserta didik tetapi juga memahami keragaman budaya pada peserta didik. Saya menerapkan ilmu yang saya dapat pada topik ini dengan terus memperhatikan isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah dalam perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik untuk mewujudkan pendidikan yang berorientasi kepada murid. Kemudian menyususn strategi pembelajaran yang menarik, inovatif dan sesuai agar menumbuhkan semangat dalam belajar bagi peserta didik. Dan tidak lupa memberikan apresiasi bagi setiap peserta didik baik itu yang berhasil ataupun peserta didik yang belum mencapai tujuan pebelajaran secara maksimal.

Koneksi Antar Materi : Apa yang Anda pelajari dari koneksi antar materi baik di dalam mata kuliah yang sama maupun dengan mata kuliah lain?

Pada alur ini saya mempelajari bahwa materi pada topik ini saling berkaitan dengan mata kuliah yang sedang saya pelajari pada semester ini. Adapun keterkaitan dalam mendukung kesiapan saya sebagai guru adalah sebagai berikut :



Aksi Nyata : Apa manfaat pembelajaran ini untuk kesiapan Anda sebagai guru? Bagaimana Anda menilai kesiapan Anda saat ini, dalam skala 1-10? Apa alasannya? Apa yang perlu Anda persiapkan lebih lanjut untuk bisa menerapkannya dengan optimal?

Pembelajaran ini bermanfaat bagi kesiapan saya menjadi seorang guru. Melalui pembelajaran ini saya mengetahui bahwa sebelum memulai proses pembelajaran, seorang guru harus mengetahui isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah dalam perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik. Untuk mengetahui itu, sebagai calon guru saya perlu melakukan observasi terhadap peserta didik dan lingkungan masyarakat dimana peserta didik tinggal. Kesiapan saya saat ini dalam skala 7. Meskipun saya sudah mempelajari isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah dalam perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik, tetapi saya masih harus terus belajar dalam penerapannya di dalam kelas. Persiapan yang perlu saya lakukan dalam mempelajari isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah dalam perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik yaitu mengetahui dan memahami karakteristik peserta didik dengan melakukan asesmen diagnostic kognitif dan non kognitif, menentukan pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang sesuai sebagai scaffolding pada ZPD peserta didik, melakukan refleksi dan evaluasi proses pembelajaran untuk mengetahui hal apa saja yang perlu diperbaiki dan dipertahankan dalam proses pembelajaran.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

AKSI NYATA : PERSPEKTIF SOSIO KULTURAL DALAM PENDIDIKAN INDONEISA TOPIK 2

 Bagaimana Perspektif Sosio Kultural Membantu Saya menjadi Seorang Pendidik? oleh Dinita Choirunnisa Pada topik 2 ini perspektif sosio kultural membahas peranannya dalam pendidikan dan penerapan konsepnya. Saat membaca tujuan dari topik 2 ini, hal yang fikirkan adalah bagaimana konsep soiokultural ini dan penerapannya di sekolah karena memang bersamaan dengan kegiatan praktek pengenalan lingkungan sekolah. Konsep-konsep yang dipelajari sebelumnya terkait faktor sosial, budaya, ekonomi dan politik penting dalam pendidikan . F aktor-faktor t e rsebut berpengaruh terhadap norma-norma so s ial yang membentuk pendidikan dan pembelajaran, menentukan nilai-nilai dalam masyarakat yang digunakan dalam memahami kebutuhan, budaya dan latar belakang  peserta didik , ketersediaan fasilitas yang menunjang pendidikan dan pembelajaran, dan kebijakan pemerintah yang dapat mempengaruhi s i stem perencaan pendidikan di Indonesia. Setelah memulai diri, pada eksplorasi konsep membahas bagaimana pe...

Koneksi antar materi – Filosofi Pendidikan Nasional - Topik 1

Koneksi antar materi – Filosofi Pendidikan Nasional Saya mengikuti mata kuliah Filosofi Pendidikan Nasional agar memiliki pemahaman tentang dasar-dasar pendidikan Ki Hajar Dewantara yang sesuai dengan filosofi pendidikan nasional dan pancasila sehingga saya bisa mengimplementasikan pemahaman tersebut kepada peserta didik. Selain itu sebagai penguatan visi dalam diri saya sendiri tentang guru yang menjadi penuntun segala kodrat yang ada pada anak-anak seperti pemikiran Ki Hajar Dwantara. Beliau juga berpendapat sebagai guru bertugas sebagai penuntun sehingga mata kuliah ini sangat penting untuk memahami dan memaknai pancasila sebagai identitas dan entitas manusia dan juga sebagai pedoman dalam pendidikan nasional. Lalu apa yang sudah saya pelajari dalam mata kuliah ini? Banyak hal yang saya pelajari setelah mengikuti mata kuliah ini. Pemikiran-pemikiran tentang pendidikan Ki Hadjar Dewantara yang banyak membahas bagaimana seorang guru berperan dalam tumbuh dan kembangnya kodrat dan kuat...

AKSI NYATA TOPIK 4 : PEMBELAJARAN PADA ‘ZONE OF PROXIMAL DEVELOPMENT (ZPD)’

Pada alur  Mulai dari Diri  pada topik 4 ini saya disajikan dengan sebuah video yang menampilkan kondisi pendidikan di salah satu daerah di Padang Panjang Nusa Tenggara Timur. Video berjudul Lentera Indonesia – Kisah Pejuang Pnedidikan di Alor menyajikan kondisi pendidikan di pedalaman yang menjadi salah satu dampak dari kurang meratanya pembangunan di Indonesia. Ratusan anak putus sekolah setiap tahun, hanya ada 294 Sekolah Dasar di 17 Kecamatan Alor, anak-anak usia sekolah yang tidak tahu bahwa mereka memiliki negara bernama Indonesia dan 1.494 guru yang ada disana berpendidikan di bawah S1 merupakan informasi-informasi yang saya dapat setelah melihat video tersebut. Adanya program pemerintah yang mengirimkan 2 guru garis depan menjadi salah satu langkah positif yang dapat membantu pendidikan didaerah tersebut. Peran pemerintah sangat berarti dalam pembangunan dan pemerataan pendidikan didaerah-daerah pedalaman salah satunya di Alor.      Alur  Eksplorasi...