ISU-ISU PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DALAM PERSPEKTIF SOSIAL, BUDAYA, EKONOMI, DAN POLITIK
Oleh Dinita Choirunnisa
Mulai Dari Diri : Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran?
Sebelum mempelajari topik pembahasan
ini, saya berfikir akan mempelajari lebih lanjut tentang scaffolding dan ZPD seperti pendekatan strategi, metode, dan
teknik pembelajaran yang diterapkan. Ternyata pada topik ini lebih mendalami tentang isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah dalam
perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik. Selain itu juga mempelajari mengenai cara merancang pembelajaran yang
cocok untuk peningkatan pemahaman peserta didik.
Eksplorasi Konsep : Apa yang
Anda pelajari dari konsep yang Anda pelajari dalam topik ini?
Pada topik ini saya mempelajari bagaimana pentingnya
seorang guru memperhatikan isu-isu penyelenggaraan
pendidikan dan pembelajaran di sekolah dalam perspektif sosial, budaya,
ekonomi, dan politik dalam pembelajaran. Pandangan setiap peserta didik yang berbeda-beda terjadi karena adanya latar belakang
mereka yang berbeda. Hal ini menyebabkan pemahaman peserta didik terhadap suatu
materi juga berbeda. Dalam hal inilah guru akan memberikan bantuan kepada
peserta didik. Dalam proses pembelajaran bantuan tidak hanya berasal dari guru melainkan
dapat juga dari teman sebaya. Pemberian scaffolding kepada peserta didik
dilakukan secara bertahap sesuai dengan tingkat ZPD masing-masing peserta
didik. Pemberian scaffolding ini dapat dilakukan melalui Pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang
diterapkan yang diterapkan guru dalam proses pembelajaran. Dalam menentukan
scaffolding ini guru terlebih dahulu mengetahui kemampuan awal peserta didik.
Memperhatikan isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah dalam perspektif
sosial, budaya, ekonomi, dan politik dilakukan guru untuk mengetahui perubahan-perubahan
yang terjadi dan mempengaruhi proses pendidikan. Perubahan terjadi dapat berupa kebijakan pemerintah terhadap kurikulum Indonesia,
kondisi ekonomi setiap peserta didik, dan lingkungan hidup peserta didik. Hal-hal tersebut dapat mempengaruhi
karakteristik peserta didik. Guru yang memperhatikan isu-isu penyelenggaraan pendidikan
dan pembelajaran di sekolah dalam perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan
politik dapat merancang pembelajaran yang sesuai dengan peserta didik.
Ruang Kolaborasi : Apa yang
Anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan Anda dalam ruang
kolaborasi?
Pada alur ini saya berdiskusi bersama
dengan anggota kelompok membahas tentang Apa pandangan masing-masing anggota kelompok tentang isu-isu
penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah dalam perspektif
sosial, budaya, ekonomi, dan politik yang mempengaruhi proses pendidikan serta
pembelajaran dan pandangan masing-masing anggota kelompok tentang kesiapannya
mengajar dengan memperhatikan isu-isu penyelenggaraan pendidikan
dan pembelajaran di sekolah dalam perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan
politik. Pandangan dan pendapat kami secara umum
hampir sama yaitu Isu-isu ini sangat penting untuk diperhatikan dalam konteks
pendidikan dan pembelajaran. Setiap faktor memiliki dampak yang berbeda-beda
terhadap proses pendidikan dan pembelajaran di sekolah. Misalnya, faktor sosial
dan budaya dapat mempengaruhi nilai dan norma yang diterapkan di dalam kelas,
sedangkan faktor ekonomi dapat mempengaruhi akses siswa terhadap sumber daya
dan fasilitas pendidikan. Oleh karena itu, sebagai pendidik, sangat penting
untuk memperhatikan faktor-faktor ini dalam merancang program pembelajaran yang
efektif dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat setempat. Dan kesiapan kami Sebagai
calon pendidik profesional harus selalu siap untuk mengajar dengan
memperhatikan isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah dalam
perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik. Hal ini dikarenakan
faktor-faktor ini sangat penting dalam mempengaruhi keberhasilan dalam
pembelajaran. Oleh karena itu, sebagai calon pendidik, harus selalu berusaha
mempelajari latar belakang sosial, budaya, dan ekonomi daerah tersebut, serta
berusaha memahami bagaimana faktor-faktor tersebut dapat memengaruhi pendidikan
dan pembelajaran di sekolah. Dengan demikian, dapat merancang program
pembelajaran yang sesuai dan memberikan manfaat yang maksimal bagi para siswa
dan masyarakat setempat.
Demonstrasi Kontekstual : Apa
hal penting yang Anda pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yang Anda
jalani bersama kelompok (bisa tentang materi, rekan, dan diri sendiri)?
Setelah melakukan kegiatan diskusi
bersama anggota kelompok pada alur demonstrasi kontekstual, saya bersama
kelompok mendemontsrasikannya. Kami juga menyimpulkan perbedaan dan persamaan
antara pendapat setiap anggota kelompok. Dari kegiatan ini saya mengetahui
bahwa dalam satu konsep materi, setiap kepala memiliki pandangan yang berbeda.
Elaborasi Pemahaman : Apa hal baru yang Anda pahami atau yang berubah dari
pemahaman di awal sebelum pembelajaran dimulai ? Apa yang ingin Anda pelajari
lebih lanjut?
Pemahaman baru yang saya dapatkan
mengenai topik bahasan ini yaitu sebagai seorang pendidik
harus dapat memahami berbagai permasalahan dalam melaksanakan proses belajar
mengajar baik dari segi sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam praktik
pembelajaran di sekolah. Dalam teori Vygotsky juga menjelaskan bahwa sebagai
pendidik kita tidak hanya memberi pemahaman kepada peserta didik tetapi juga
memahami keragaman budaya pada peserta didik. Saya menerapkan ilmu yang
saya dapat pada topik ini dengan terus memperhatikan isu-isu penyelenggaraan
pendidikan dan pembelajaran di sekolah dalam perspektif sosial, budaya,
ekonomi, dan politik untuk mewujudkan pendidikan yang berorientasi kepada murid.
Kemudian
menyususn strategi pembelajaran yang menarik, inovatif dan sesuai agar
menumbuhkan semangat dalam belajar bagi peserta didik. Dan tidak lupa
memberikan apresiasi bagi setiap peserta didik baik itu yang berhasil ataupun
peserta didik yang belum mencapai tujuan pebelajaran secara maksimal.
Koneksi Antar Materi : Apa yang Anda pelajari
dari koneksi antar materi baik di dalam mata kuliah yang sama maupun dengan
mata kuliah lain?
Pada alur ini saya mempelajari bahwa materi pada topik ini saling berkaitan
dengan mata kuliah yang sedang saya pelajari pada semester ini. Adapun
keterkaitan dalam mendukung kesiapan saya sebagai guru adalah sebagai berikut :
Aksi Nyata : Apa manfaat pembelajaran ini
untuk kesiapan Anda sebagai guru? Bagaimana Anda menilai kesiapan Anda saat
ini, dalam skala 1-10? Apa alasannya? Apa yang perlu Anda persiapkan lebih
lanjut untuk bisa menerapkannya dengan optimal?
Pembelajaran ini bermanfaat bagi kesiapan saya menjadi seorang guru.
Melalui pembelajaran ini saya mengetahui bahwa sebelum memulai proses pembelajaran,
seorang guru harus mengetahui isu-isu penyelenggaraan pendidikan
dan pembelajaran di sekolah dalam perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan
politik. Untuk mengetahui itu, sebagai calon guru saya perlu melakukan observasi terhadap peserta
didik dan lingkungan masyarakat dimana peserta didik tinggal. Kesiapan saya saat ini dalam skala 7. Meskipun saya sudah
mempelajari isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah
dalam perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik, tetapi saya masih harus terus belajar dalam
penerapannya di dalam kelas. Persiapan yang perlu saya lakukan dalam mempelajari
isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah dalam perspektif
sosial, budaya, ekonomi, dan politik yaitu
mengetahui dan memahami karakteristik peserta didik dengan melakukan asesmen
diagnostic kognitif dan non kognitif, menentukan pendekatan, strategi, metode,
dan teknik pembelajaran yang sesuai sebagai scaffolding pada ZPD peserta didik,
melakukan refleksi dan evaluasi proses pembelajaran untuk mengetahui hal apa saja
yang perlu diperbaiki dan dipertahankan dalam proses pembelajaran.
Komentar
Posting Komentar